Senin, 11 Januari 2010

1910 Udah Mengagumkan, Apalagi 2010!!??

Sumber : http://netsains.com/2010/01/1910-yang-mengagumkan-2010-pasti-lebih-lagi/
Tahun 2010 menjanjikan sejumlah perkembangan teknologi yang mengagumkan. Kepandaian manusia, kini didukung oleh sains dan teknologi tinggi memungkinkan banyak hal yang dulu dianggap mustahil menjadi nyata. Siapa nyana bahwa kita kini bisa bercakap-cakap langsung dan saling menatap dengan orang yang berjarak ribuan mil jauhnya? Atau turis bisa berkunjung ke angkasa luar?
Seabad silam, dekade 1910, sejumlah teknologi baru juga banyak ditemukan dan menjadi terobosan dasar semua kecanggihan yang kita alami hari ini, mulai dari bidang kimia hingga transportasi.
Dekade pertama tahun 1900 adalah saat dimana banyak penemu melanjutkan penelitiannya dan meraih puncak prestasi. Saat itu sejumlah rumah pertama kali menikmati jaringa listrik dengan peranti-peranti elektronik canggih di masanya.

Vakum cleaner, mesin cuci, mulai menghiasai sejumlah keluarga. Telepon juga teknologi anyar yang menjad komoditas di kalangan keluarga Amerika. DI bidang transortasi, muncul balon Zeppelin dan Wright Bersaudara memulai debut penerbangan dengan pesawat Kitty Hawik pada 1903. Henry Ford memperkenalkan model T sebagai landmark mobil pada tahun 1908, terobosan yang membuat mobil bisa diproduksi secara massal untuk pertama kalinya.
Bidang kimia juga mencetak terobosan di tahun 1910. Mulai dari penggunaan gas pada sistem refrigerator listrik pertama dan unit air conditioning (AC), oleh George Claude asal Perancis.
Temuan lain yang juga sangat berpengaruh hingga seabad setelahnya adalah eskalator, teh celup, kopi instat, silet cukup sekali pakai, dan banyak lagi.
Dunia telah mengalami modernisasi pada dekade 1910, namun ada juga temuan yang belum dianggap sempurna oleh penemunya. Atau masih banyak problem keseharian yang belum ditemukan solusinya. Misalnya, kaum perempuan masih harus mengalami rasa sakit menggunakan korset hingga tahun 1913, sebelum ditemukan korset modern yang jauh lebih praktis. Atau kaum lelaki masih disibukkan denga kancing di celana mereka, ketika belum ditemukan retsleting. Retsleting sendiri memicu munculnya temuan baru ketika menyebabkan luka di saat memakainya, yakni band aid alias tensoplas, tujuh tahun kemudian.
Itulah sekilas aneka temuan baru di dekade 1910 lampau. Bagaimana dengan 2010 kini? Akankah sejumlah kecanggihan teknologi kembali membuat kita takjub atas semua kemudahan yang dihadirkan di keseharian kita. Sudah tentu. Kita tunggu saja.
Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar